Detil Artikel

Home /Artikel/ Detil Artikel
2602

OPEN SOURCE OS


Open source OS adalah sebuah Sistem operasi yang sifatnya terbuka atau dapat diartikan juga sistem operasi yang dikembangkan oleh komunitas, Sistem Operasi terbuka (open source) dikembangkan dengan memanfaatkan kode sumber (source code).

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa S2 di filandia mulai mengembangkan suatu sistem operasi yang disebut linux. Dalam pengembangan linus torvald Ia melempar kode program dari linux ke komunitas terbuka untuk dikembangkan bersama-sama. Semenjak itu komunitas linux jadi semakin berkembang yang kemudian melahirkan distribusi-distribusi linux yang berbeda tetapi memiliki pondasi yang sama yaitu Kornel linux dan librari GNU glibc. Seiring dengan semakin stabilnya rilis dari distribusi linux, semakin meningkat juga kebutuhan untuk mendefinisikan jenis peranti lunak ini.
Akan tetapi terminologi “free” yang dimaksud oleh FSF menimbulkan banyak persepsi dari tiap orang. Sebagian mengartikan kebebasan sebagaimana yang dimaksud dalam GPL. Dan sebagian lagi mengartikan untuk arti gratis dalam segi ekonomi.
kondisi ini mendorong munculnya terminologi “open source” dalam tahun 1998, yang juga mendorong terbentuknya open source initiative yang merupakan organisasi NIRLABA.

OSI (Open Source Initiative) menjalankan organisasi untuk mempromosikan atau kampanye Open Source, dengan mengelola dan promosi Definisi Open Source, dan sertifikasi terhadap lisensi dan produk yang open source (kode terbuka). Definisi Open Source adalah revisi dari dokumen kebijakan milik distribusi Debian GNU/Linux.


Kembali

Tentang Penulis

Riski Ananda
Maaf data profil Penulis belum tersedia dalam database!!!
  • prakerin

Kontak Kami

Silakan kontak kami secara online, kami siap membantu segala pertanyaan, hal-hal lain yang berkaitan dengan proses belajar mengajar.


Read more